Tuesday, May 5, 2015

KIAT-KIAT LULUS INTERVIEW ATAU WAWACARA LOWONGAN KERJA

Interview atau wawancara kerja adalah suatu momok yang paling menakutkan bagi para pencari kerja sehingga akibatnya para pencari kerja sering gugup bila menghadapi test ini dan hasilnya pun akan terlihat nanti yaitu jawaban pasti tidak lulus untuk mengisi suatu lowongan kerja.
Maka dari itu saya ingin membagikan tips ini kepada anda apa yang harus anda siapkan dalam menghadapi interview sehingga anda dapat diterima untuk mengisi loker:
1. Sebelum menghadapi wawancara kerja anda haruslah tidur yang cukup karena hal ini akan mempengaruhi perfoma penampilan anda saat di wawancari.
2. Berpakaian rapi dan bersih, karena disitu akan terpancar kewibawaan anda.
3. Datang ke tempat wawancara maxsimal 30 menit sebelum wawancara dimulai, hal ini untuk menberikan rasa rilek terhadap anda.
4. Apabila masuk kedalam ruang wawacara hendaknya mengetuk pintu apabila wawancaranya dilakukan di dalam ruang dengan pewawancara tunggal dan jangan lupa ucapkan salam ada baiknya apabila anda muslim ucapkan Assalamualaikum atau selamat pagi apabila mau netral.
5. Saat wawancara lakukan eye contact terhadap si pewawancara, hal ini akan menimbulkan sikap percaya diri anda lebih besar lagi.
6. Dalam interview ini gunakanlah bahasa yang sesuai dengan saat itu bila menggunakan bahasa Inggris maka jangan sekali-kali menggunakan bahasa Indonesia.
7. Dalam hal pertanyaan gaji yang diminta (biasanya untuk yang fresh graduate) maka anda harus menyebutkan angka realnya dan usahakan jangan lah meminta terlalu tinggi apabila kemampuan dan pengalaman anda belum ada.
8. Apabila anda diminta untuk mengajukan pertanyaan usahakan anda bertanya untuk itu agar ada hubungan timbal balik antara anda dan penanya.
Kiranya ini dapat anda praktekkan dan selamat mencoba,semoga anda lolos dalam mengisi lowongan kerja, Amin Ya robbal Alamin..

No comments:

Post a Comment