Friday, May 1, 2015

Public Transportasi yang Nyaman bagi Orang Tua, Orang yang Berkemampuan khusus.


SUASANA HALTE DAN BUS SERTA DALAM BUS ADA KURSI KHUSUS ORANG CACAT ATAU JUGA UNTUK IBU YANG MEMPUNYAI ANAK







      Bus kota yang bahasa mandarinnya (城市公交車= Chéngshì gōngjiāo chēmerupakan alat tranportasi umum yang sering kita jumpai di mana saja, baik itu negara maju maupun negara berkembang, yang membedakannya adalah kenyaman penumpang yang memakai jasa layanan ini . Alhamdulillah sebenar layanan bus di Indonesia sudah mulai memadai. Hal ini apabila sudah di pegang semuanya oleh Pemda, akan ini masih sulit dilaksanakan semua karena untuk subsidinya masih suka tersendat-sendat tetapi tidak apalah yang penting ada peningkatan dibandingkan pada masa-masa lampau era 90 an, yang pada kenyataannya masih juga kita lihat bus kota kita masih kurang layak atau bisa dikatakan sudah harus dimasukkan ke musium (he..he.. :) ) masih ada yang jalan di jalan utama.
     Yang membuat saya merasakan salut pada negara yang saat ini saya tinggal yaitu ROC Taiwan fasiltas busnya sangatlah nyaman, apalagi saat ini sudah musim semi menjelang musim panas, tidaklah terasa panas bila kita berada didalam bus, kita serasa berada pada kendaraan pribadi dengan fasilitas AC yang benar-benar memadai. Dan yang membuat satu hal lagi akan adanya kenyaman adalah tidak adanya kondektur yang menagih uang, hal ini karena sebelum naik keatas bus haruslah kita membayar dimuka yang nilai uangnya sebesar NT$ 12 untuk umum dan NT$ 10 untuk mahasiswa/pelajar.
     Dan yang lebih membuat saya lebih terharu adalah penghargaan pemerintah di ROC Taiwan terhadap orang yang sudah tua, ibu-ibu, serta orang yang mempunyai kemampuan terbatas masih dapat menikmati fasilitas umum ini. Untuk orang yang sudah sepuh mereka masih dilayani dengan baik oleh supir bus, yaitu bila akan naik mereka ditunggu sampai duduk secara nyaman baru kendaraan bergerak, dan bila turun mereka ditunggu sampai turun yang kadang kala pemandangan ini sering terjadi yang mana sopir turun membantu untuk menyambut orang tua itu turun dari bus ke jalan, sungguh hal ini tidak pernah terjadi baik itu di kota kecil maupun kota besar, yang kadang kala ibu-ibu belum benar-benar turun di jalan kenek sudah bilang tarikkkk... wah kata itu yang selalu terdengar saat kuliah dulu di era 90 an....(he he he..:).
     Akhir saya berfikir lagi dan akan terus bermimpi bahwa negeriku tercinta semoga akan menjadi negeri yang akan menghormati orang tua, ibu-ibu, serta orang yang mempunyai kemampuan khusus akan dilayani dengan layak untuk dapat menggunakan fasilitas umum dengan harga terjangkau, sebab negeriku tercinta adalah sebuah negeri yang penduduknya mayoritas muslim yang menghormati orang tua apalagi seorang ibu yang merupakan orang yang telah melahirkan dan merawat kita hingga dewasa dan menjadi orang tua juga.
Insha Allah mimpi in semoga akan terwujud Amin Ya robbal Alamin....

No comments:

Post a Comment